Sabtu, 21 Mei 2011

Bermain bridge dengan cara online

Apapun ceritanya, ketika kita bermain bridge, pastilah pernah merasakan nikmat luar biasa, puas, bahagia, tersenyum bahkan tidak jarang tertawa gembira, namun juga pernah merasakan kecewa, sedih, jengkel, bahkan marah yang tidak bisa ditahan. Itulah bridge, bayangkan saja, hanya dengan memainkan kartu sedemikian rupa bisa membangkitkan emosional para pemain dan penonton, baik dalam bentuk emosional kebahagiaan maupun sebaliknya. Emosional yang muncul semacam itu tidak hanya berlaku untuk permainan bridge di alam nyata, bahwa setiap pemain memegang kartu, saling bertemu muka, bisa berbicara langsung, dan sebagainya, akan tetapi berlaku juga untuk permainan bridge di dunia maya melalui internet tanpa memegang kartu (cukup nge-klik), tidak bertemu muka, tidak bisa berbicara langsung (bisa chating sesuai yang diperkenankan), dan sebagainya.

Dalam hal permainan bridge melalui internet, khususnya melalui Bridge Base Online (BBO) di website http://www.bridgebase.com, ada beberapa tourney dan atau jenis tournament yang disediakan oleh Pengelola BBO, diantaranya khusus bersama Robot (GIB) yang sekarang ini masih bersifat Individual, kecuali dalam hal adanya Renting Robot yang memungkinkan untuk practice bersama partner non GIB.

Pada Bagian I ini, selain sebagai Pengantar, saya coba mulai menyampaikan hal-hal mendasar berkaitan dengan Robot (GIB), yakni:
- Jenis Tourney (Robot Tournament), dan
- Sistem Bidding dan Konvensi yang dipergunakan.

Jenis-jenis Robot Tournament.

Terhitung sejak penulis mulai aktif di BBO pada bulan September 2007, ternyata untuk Robot Tournament telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan cukup pesat, khususnya pada Tahun 2009 dan awal Tahun 2010, sehingga sekarang dapat kita nikmati beberapa jenis robot tournament yang disediakan, yakni:

- Free Robot Race;
- Free Robot Duplicate (IMPS);
- $ 0.25 Robot Race;
- Robot Duplicate - Matchpoints;
- Robot Duplicate - 18 Boards - MP;
- Robot Duplicate - 18 Boards - IMP;
- $ 1 Robot Reward - Best Hand;
- $ 1 Robot Reward - Random Hands;
- $ 5 Robot Reward - Best Hand;
- ACBL Robot Duplicate (Match Points).

Sistem Bidding dan Konvensi yang dipergunakan.

Basic bidding system untuk bermain di Robot Tournament adalah Two Over One (2/1) yang hampir mirip dengan SAYC (Standard American Yellow Card). Artinya hanya terdapat sedikit perbedaan, sehingga bagi beberapa pemain yang telah familiar dengan SAYC, hampir tidak mengalami banyak kesulitan di dalam bidding, namun dalam hal tertentu justru akan terjadi mistake/ kesalahan dalam bidding, dan ini bisa berakibat fatal, dikarenakan program GIB tidak mengenal commonsense.

Defensive Bidding terhadap Opening lawan 1NT, sebagai berikut:
- X : pinalty;
- 2C : one suiter (at least 6 cards)
- 2D : two suiter major (S+H);
- 2H : two suiter (H+minor C/D);
- 2S : two suiter (S+minor C/D);
- 2NT: two suiter minor (D+C).

Defensive Bidding terhadap Opening lawan tingkat 1, sebagai berikut:

- X (double) : Take Out, 12+ HCP;
- One over one: at least 5 cards, 9-18 HCP;
- Jump two over one 2H/2S terhadap 1C/1D dan 2D terhadap 1C: Weak Two;
- Normal two over one: at least 5 cards, 12-22 HCP;
- Michael Cue-bid;
- Take out two suiter;
- 1NT : 16-18 HCP balanced + likely suit lawan.

Beberapa konvensi yang digunakan adalah:

- Stayman, Jacoby, dan Minor Transfer;
- Minor Asking 2S terhadap Opening Bid 1NT partner;
- Texas Transfer;
- Smolen;
- Splinter;
- Lebensohl;
- Roman Key Card Blackwood;
- Gerber Convention (kadang-kadang).

Defensive Play yang digunakan adalah UDCA, Suit Preference/ Lavinthal, dan Standard Carding yang umum digunakan. (MSH/2010). sumber

0 komentar

Poskan Komentar